Friday, April 25, 2014

Shalat Awwabin

Shalat Awwabin adalah satu jenis shalat Sunnah. Awwabin sendiri berasal dari bahasa arab yang berarti (orang yang sering bertaubat). Ada perbedaan pendapat mengenai shalat ini dikalangan para ulama. Ada yang mengatakan bahwa shalat awwabin dilakukan antara waktu maghrib dan isya, dilaksanakan sebanya 2 sampai 6 raka’at. sementara yang lain mengatakan shalat awwabin adalah nama lain dari shalat dhuha.
Adapun tata cara pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
1.    Shalat 2 rakaat dengan niat:
“ Ushallii ral’ataini shalaatal-awwaabiina sunnatal lillaahi ta’aallaa “
Artinya: “Aku niat shalat dua rakaat sunat awwabin, karena Allah.
2.    Sesudah membaca Fatihah pada rakaat pertama, bacalah:
    * surat Al-Ikhlas 6x
    * surat Al-Falaq 1x
    * surat An-Naas 1x
begitupun dengan rakaat kedua.
3.    Sehabis salam dua rakaat, maka shlat lagi 2 rakaat. Dan dibaca pada rakaat pertama dan kedua setelah Al-Fatihah mana saja surat yang dikehendaki. Niatnya, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
4.   Sesudah itu, berdiri lagi dengan niat sama seperti sebelumnya, dilaksanakan 2 rakaat, dengan bacaan pada rakaat pertama sesudah Al-Fatihah, bacalah surat Al-Kafirun dan pada rakaat kedua sesudah membaca Al-Fatihah bacalah surat Al-Ikhlas.
Hadist Yang Terkait
    * "Salatnya orang-orang awwabin (yang sering bertaubat kepada Allah) adalah ketika anak unta merasa kepanasan" (HR. Muslim : 848)
    * "Tidak ada yang menjaga salat dhuha kecuali orang awwab (sering bertaubat). Rasulullah bersabda: "Itu adalah salatnya orang-orang yang sering bertaubat" (HR Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya: 1224, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 1/313 Ath Thabarani dalam Al-Ausath: 4322. Disahihkan Al Hakim dan disepakati Adz-Dzahabi. Dan dihasankan Al-Albani dalam silsilah Ash-Shahihah no. 707).
    * Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata :" Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang salat dhuha. Ia bersabda,'Salat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari)' ". (HR Ahmad Muslim dan Tirmizy)

No comments:

Post a Comment